27 Januari 2010

Ketakutan

Waktu aku nulis ini, pikiranku lagi kacau. Entah apa yang terjadi sama aku belakangan ini. Aku kayak terjebak dalam satu lingkaran dan ngga bisa nemuin jalan keluar dan itu lama"... bisa bikin aku gila.

Entah apa yang ada di dalam hati setiap orang. Bisa sama, bisa beda. Kita ngga akan pernah tau kecuali orang itu sendiri yang ngungkapin ke kita. Dan itulah yang akan aku lakuin sekarang. Daripada disini ada banjir air mata. Lagi.

Here we goes...

Udah sering dibahas di post sebelum'a. Post" tentang perasaanku ke seorang cowok yang udah bener" menyita SELURUH perhatian, pikiran dan perasaan aku tanpa nyisain ruang sedikit pun untuk cowok lain. Ya, aku udah ngga bisa mundur lagi untuk bilang aku sayang sama dia.
Dan dengan alasan itu juga, selama ini aku bertahan, nutup mata, nutup telinga tentang ada'a cewek lain 'disamping' cowok itu. Usaha yang memakan hampir seluruh energi aku dan menimbulkan kebohongan" kecil dimana aku ngga bisa jawab ada apa denganku kalo aku mendadak murung, bengong atau marah". Apa dia tau semua ini? Ngga.
Walaupun begitu, semua manusia punya kelemahan. Aku akuin itu. Aku, dia, semua orang lain di bumi ini pasti punya kelemahan. Cuma, kelemahan yang satu ini bener" aku sesalin. Sikap plin-plan dan takut untuk ambil keputusan. Baik dari pihak aku atau dia.
Awal'a emang kesalahan ada di pihak aku. Cowok mana yang bisa bertahan tanpa ada kejelasan status? Well, cewek juga sih... Tapi, aku tetap ngga berani ambil keputusan soal apa sebener'a yang aku rasain ke dia. Setahun bukan waktu yang sebentar dan akhir'a dia pun milih cewek lain. Aku ngga menyesali itu. Itu hak'a. Aku ngga punya hak untuk ngelarang apa". He's free to do that. Dan aku baru tau semua tentang ada'a cewek lain itu setelah aku sadar seberapa dalam perasaan aku ke dia. Pas pertama kali aku akhir'a mengakui perasaanku, aku tau, semua'a udah terlambat. Tapi dia meyakinkan kalo semua'a bakal baik" aja. Aku percaya sama dia dan mencoba ngejalanin semua ini sama kayak sebelum'a. Cuma beda perasaan.
Hari berganti, minggu demi minggu lewat, bulan ganti bulan, sampe aku akhir'a ngerasain apa yang nama'a digantung. Sakit. Perih. Dan ngga ada yang lain yang bisa aku jelasin. Semua'a sekarang udah campur jadi satu. Aku semakin takut hal yang aku takutkan, akhir'a bakal jadi kenyataan. Dengan tetap berpegang sama perasaan awalku ke dia, aku tetap mencoba untuk setia. Nunggu dia, apa pun resiko'a. Seperih apa pun rasa'a.
Dan ternyata... dia salah. Semua'a ngga ada yang baik" aja. Yang ada malah keadaan semakin parah. Aku semakin parah. Dan nutup hati ngga semudah nutup mata dan telinga. Mencoba nutup hati dari kenyataan kalo orang yang kita sayang justru 'jalan' sama orang lain adalah hal yang paling susah. Walaupun, untukku, ini bukan yang pertama kali'a. Cukup terbiasa dengan rasa sakit, perih dan sesak napas yang diakibatkan oleh usaha itu. Tapi, kali ini lain. Kali ini aku menolak untuk nyerah sama semua rasa sakit itu dan tetap ngejalanin sama dia. Sekali lagi, apa pun resiko'a, seperih apa pun rasa'a. Ternyata... sakit'a... tetap sama. Bahkan lebih parah.
Hal yang paling aku takutin dari keadaan ini adalah: hilang'a perasaan baik aku atau dia. Aku, setelah digantung 'secara posisi' dengan perasaan yang udah jelas. Dia, dengan ada'a cewek lain 'disamping' dia. Dalam keadaan serba ngga jelas kayak gini, bakal banyak pihak yang sakit hati. Terutama... yang nahan perasaan. AKU. Nahan perasaan kesel kalo ngga diperhatiin, nahan rasa cemas dan khawatir kalo ngga ada kabar dan nahan perasaan untuk ngungkapin apa yang di hati aku. Semua alasan'a cuma 1: aku ngga mungkin 'nyakitin' cewek dia. Sebagai cewek, aku juga tau persis gimana rasa'a kalo ternyata pacar kita diam" deket sama cewek lain. Tentu, atas pengalaman pribadi. So much for heart break.

Emang bener, hubungan manusia itu kayak pasir dalam genggaman tangan. Kalo kita genggam terlalu erat, pasir itu bakal keluar dari sela" jari kita. Tapi kalo biarkan pasir itu di telapak tangan kita yang terbuka, pasir itu akan tetap utuh. Itulah pacaran. Kalo kita kekang erat", bisa dipastikan bakal 'bubar jalan' a.k.a putus. Tapi kalo dijalanin dengan kebebasan dan tanggung jawab, hubungan itu bakal langgeng.

Tapi ini kasus lain. Untuk hal ini aku cuma berpegangan sama tali rapuh yang nama'a perasaan. Perasaan bisa berubah, atau lebih parah: hilang. Aku cuma bisa berharap kalo dia bisa cepat ambil keputusan yang ngga akan merugikan banyak pihak termasuk aku, dia dan cewek'a dan... rasa itu tetap masih ada sampai aku bisa ungkapin langsung ke dia.

Walaupun, kalo harus jujur, rasa'a... perasaan itu udah mulai terkikis dengan keadaan yang serba ngga jelas gini. Haruskah aku masih berpegangan sama 'tali rapuh' ini atau melepaskan'a begitu aja? Aku menolak dengan tegas usul yang kedua. Mudah"an energiku masih cukup dan masih kuat untuk berdarah", berkali" jatuh dari tali rapuh itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar